Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 13 Februari 2012

PROPOSAL METODOLOGI PENELITIAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang


Algoritma merupakan materi perkuliahan pokok bagi mahasiswa Teknik Informatika Komputer, dimana mata kuliah algoritma ini merupakan salah satu basic dari ilmu komputer yang harus kita pahami dengan benar karena makna dari algoritma adalah prosedur yang digunakan untuk mengolah masukan (input) menjadi keluaran (output) yang dikehendaki  (Kadir & Heriyanto, 2005).
Dalam proses perkuliahan terkadang seorang mahasiswa kurang dapat memahami makna dan fungsi algoritma bahkan cara penerapanya guna menyelesaikan permasalahan  yang muncul.
Dari berbagai jenis algoritma yang ada, kita pasti cenderung  untuk menyukai salah satu jenis algoritma tersebut, sehingga algoritma tersebut paling sering di pakai dalam proses penyelesaian  suatu permasalahan yang ada di dalam komputer. Hal ini di sebabkan karena adanya kekurangan dan kelebihan dari masing – masing karakter algoritma itu sendiri.
Melihat hubungan antara algoritma dengan suatu program memang sangat erat di mana pengertian dari program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur  seperangkat komputer agar dapat melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa suatu program, maka seperangkat komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Program biasanya dijalankan berdasarkan suatu algoritma, dan disimpan, disusun serta diatur di media penyimpanan yang biasa disebut dengan struktur data. Dengan kata lain, program merupakan salah satu bagian penting pada komputer yang mengatur kinerja komputer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya (Kadir & Heriyanto,  2005).
Seperti yang telah dijelaskan di atas,komputer tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya langkah detail yang menyusun  prosedur. Jadi bisa disimpulkan bahwa, algoritma berbeda dengan program.
Di dalam ilmu komputer, algoritma  telah menjadi bahan pembicaraan yang selalu dan harus di bahas, tetapi di dalam perkuliahan terkadang penyampaiannya bersifat monoton sehingga terkesan membosankan dan kurang variatif. Hal ini menyebabkan permasalahan tersendiri dimana banyak diantara mahasiswa yang kurang tertarik untuk memperdalam pengetahuan terhadap algoritma yang harusnya jelas penting bagi mereka.
Memang tidak mudah untuk mempelajari konsep dan cara kerja masing-masing algoritma pengurutan dengan hanya membaca tulisan-tulisan dari textbook saja. Oleh sebab itu, dalam tugas akhir ini penulis mencoba mensimulasikan visualisasi konsep dan cara kerja dari algoritma pengurutan dari bermacam jenis algoritma yang ada seperti Bubble Sort, Insertion Sort, Selection Sort, Heap Sort, Quick Sort, dan Shell Sort menggunakan Macromedia dreamweaver MX yang memungkinkan mahasiswa dapat tertarik untuk belajar lebih dalam dan mahasiswa mampu memahami serta mendapatkan pembelajaran mengenai tipe data abstrak serta metode langkah algoritma yang sangat mahasiswa butuhkan.
Dari visualisasi algoritma yang di gambarkam melalui animasi grafik memungkinkan mahasiswa lebih tertarik dan senang untuk mempelajarinya karena dapat tergambar lebih jelas bentuk, pola serta,cara kerja dari masing – masing jenis algoritma.

B.     Rumusan Masalah

Dari penjabaran yang telah disebutkan di dalam latar belakang di atas, maka kita kita dapat menyimpulkan bahwa permasalahan yang ada selama ini adalah kurang tertariknya mahasiswa terhadap mata kuliah algoritma karena model penyampaiannya monoton dan terkesan sulit sehingga mahasiswa kurang paham untuk menganalisa  tujuan dan fungsi algoritma sehingga permasalahanpun sulit untuk dipecahkan, dari masalah tersebut di atas maka dapat menjadi dasar dari pembuatan visualisasi algoritma sorting ini sehingga diharapkan mahasiswa lebih tertarik dan dapat mempu menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang ada.

C.    Batasan Masalah

Di dalam pembuatan animasi ini penulis  hanya memvisualisasikan jenis algoritma yang telah  digunakan sebagai bahan ajar di dalam proses perkuliahan yaitu algoritma sorting sedangkan sasaran dari visualisasi algoritma tersebut adalah mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya Sistem Informasi dan Teknik Informatika Komputer.


D.    Tujuan Penelitian

Visualisasi algoritma ini dibuat dengan tujuan agar dapat menggambarkan cara kerja dari masing - masing algoritma sehingga dapat terlihat lebih jelas bagi mahasiswa pola, langkah dan bentuk grafik dari masing – masing algoritma melalui visualisasi ini.

E.     Manfaat Penelitian

Dari penulisan penelitian ini  penulis mengharapkan dapat memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut :
1.      Dari hasil penelitian ini penulis berharap dapat memberikan manfaat dan hasil yang cukup baik bagi para mahasiswa di mana mereka mampu memahami macam – macam, karakteristik, serta pola dari algoritma sorting sehigga kesan bingung dan monoton terhadap mata kuliah ini dapat teratasi.
2.      Penulis di sini juga masih dalam tahapan belajar  jadi sedikit banyak penulis berusaha belajar tentang algoritma sorting yang sebenarnya penulis sendiri masih sedikit bingung tetapi dengan penelitian ini harapan dari penulis  adalah kami dapat lebih mengerti dan paham tentang algoritma tidak hanya sekedar tahu tetapi lebih mengerti tentang seluk beluk algoritma sorting.
3.      Semoga dengan adanya penelitian tentang algoritma sorting ini pihak akademik dapat sedikit terbantu dalam penyampaian mata kuliah  algoritma sorting  sehingga terasa lebih menyenagkan bagi mahasiswa yang mempelajarinya serta lebih mudah dimengerti.
4.      Algoritma bukanlah istilah umum yang semua bisa mengerti tapi dengan adanya penelitian ini penulis berharap dapat lebih mensosialisasikan terhadap publik terutama pihak yang membaca dengan melihat visualisasi dari algoritma sorting ini.


F.     Tinjauan Pustaka

Algoritma adalah prosedur yang digunakan untuk mengolah masukan (input) menjadi keluaran (output) yang dikehendaki  (Kadir & Heriyanto, 2005).
Suatu ilmu pengetahuan pastilah memiliki suatu sejarah yang sangat jelas dan diingat sepanjang masa begitu juga Algoritma ini yang sebenarnya dipelopori, sekaligus orang pertama yang mengungkap logika algoritma  yaitu Abu Ja’far Mohammad Ibnu Musa Al Khawarizmi menurut beliau logika berasal dari bahasa yunani kuno yang mempumyai pengertian hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
Sedangkan algoritma itu sendiri memiliki beberapa difinisi :
1.      Langkah-langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2.      Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi.
3.      Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata (Webster dictionary).

Adapun hal – hal yang perlu di perhatikan dalam kriteria pemilihan algoritma adalah :
*      Output :
Mengacu pada definisi algoritma, suatu algoritma haruslah mempunyai output yang ini merupakan solusi dari masalah yang sedang diselesaikan.

*      Efektifitas dan Efisiensi:
Dikatakan efektif jika algoritma tersebut menghasilkan suatu solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan dalam artian algoritma harus tepat guna. Dikatakan efisiensi jika waktu proses suatu algoritma relatif lebih singkat dan penggunaan memori komputernya lebih sedikit.

*      Jumlah langkahnya berhingga :
Maksudnya adalah barisan instruksi yang dibuat harus dalam suatu urutan tertentu atau harus berhingga agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan tidak memerlukan waktu yang relatif lama.

*      Berakhir  (Semi Algoritma) :
Proses didalam mencari penyelesaian suatu masalah harus berhenti dan berakhir dengan hasil akhir yang merupakan solusinya atau berupa informasi yang tidak diketemukan solusinya. Artinya baik dalam kondisi  ada atau tidak ada solusi, proses akan tetap harus berakhir dan berhenti. Istilah lain dalam algoritma dikenal sebagai SEMI ALGORITMA, yaitu suatu prosedur yang hanya akan berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi, sedangkan jika tidak menghasilkan solusi, maka prosedur tersebut akan berjalan tanpa henti.

*   Terstruktur :
Yaitu urutan barisan langkah-langkah yang digunakan harus disusun sedemikian rupa agar proses penyelesaian tidak berbelit-belit sedemikian hingga bagian-bagian proses dapat dibedakan dengan jelas mana bagian input, proses dan output sehingga memudahkan user melakukan pemeriksaan ulang.
Suatu Algoritma yang terbaik(The Best) : “Suatu algoritma harus menghasilkan output yan tepat guna(efektif) dalam waktu yang relatif singkat & penggunaan memori yang relatif sedikit(efisien) dengan langkah yang berhingga & prosedurnya berakhir baik dalam keadan diperoleh suatu solusi ataupun tidak ada solusinya”

Kemudian istilah sorting tentu tidak asing di telinga kita, yaitu istilah untuk mengurutkan data. Ada dua bentuk sorting yaitu secara ascending dan descending. Sorting secara ascending adalah cara mengurutkan data mulai dari data bernilai terkecil sampai terbesar. Sedangkan descending mengurutkan data mulai dari data terbesar sampai terkecil.

G.    Metodologi penelitian

Dalam metode penelitian terdapat tahapan yang di lakukan untuk melengkapi hal – hal yang perlu di selesaikan  adapun tahapan tersebut antara lain :
A.    Identifikasi system
Dalam identifikasi siste ada beberapa tahapan di antaranya :
1)      Tahapan identifikasi sistem,
a)      Mengindentifikasi masalah;
                                                                                                     i.      mengidentifikasi penyebab permasalahan,
                                                                                                   ii.      mengidentifikasi kekurangan yang ada


b)      Memahami kerja sistem yang ada,
                                                                                                     i.      menentukan jenis penelitian,
                                                                                                   ii.      merencanakan jadwal penelitian,
                                                                                                 iii.      membuat agenda observasi,
                                                                                                 iv.      membuat agenda wawancara,
                                                                                                   v.      mengumpulkan hasil penelitian

2)      Jenis dan sumber data
·         Data primer
Adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumber misalnya di kampus baik melalui pengamatan langsung ataupun wawancara dengan dosen yang bersangkutan .  
·         Data sekunder
Adalah data yang diperoleh secara tidak langsung bersumber dari dokumentasi, literatur, buku, jurnal, dan informasi lainnya yang ada hubungannya dengan masalah yang sedang diteliti.
3)      Metode pengumpulan data
a.       Observasi
Metode Observasi dilakukan dengan cara mengamati mahasiswa saat proses perkuliahan dan hasil yang di peroleh saat dilakukan tes dari fakultas.

b.        Interview
Interview atau wawancara dilakukan kepada mahasiswa tentang bagaimana pemahaman serta sejauh mana pengetahuan mereka tentang algoritma sorting .
Selain itu juga dilakukan terhadap dosen yang bersangkutan tentang keaktifan mahasiswa dalam proses perkuliahan algoritma sorting apakah mahasiswa dapat mengikuti atau tidak.

c.         Studi Pustaka
Di antaranya beberapa  penyelesaian masalah pada tugas akhir ini digunakan metode studi pustaka dengan mencari dan mempelajari bahan-bahan referensi dari buku-buku penunjang dan hasil browsing internet mengenai Macromedia dream weaver MX.

B.     Tahap Analisis

a.       Melakukan perincian analisis permasalahan yang ada dengan melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung selama ini.
b.      Memilih metode penyelesaian masalah  yang ada berdasarkan bentuk, pola, dan karakter algoritma sorting yang di dapat dengan studi pustaka bersumber pada  materi tentang algoritma sorting.
c.       Menyusun kerangka penyelesaian masalah berdasar hasil pengolahan data dan studi pustaka.

C.     Tahapan Perancangan

Membuat rancangan pembuatan aplikasi dengan tahapan :
*      Mendata semua jenis algoritma sorting yang akan di visualisasikan
*      Merancang grafik secara manual dari hasil yang di dapatkan oleh algoritma sorting di masing – masing jenisnya
*      Desain aplikasi dan bentuk serta pola aplikasi yang akan di jalankan nantinya
*      Rancangan aplikasi menggunakan Macromedia  Dreameweaver MX

D.    Tahapan Pembangunan

Setelah menyelesaikan hal - hal di atas, dilakukan analisa dan perancangan. Pemodelan system dengan menggunakan Use Case Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Berdasarkan hasil analisa dan perancangan tersebut, maka dibuatlah aplikasi dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX..

E.     Tahapan pengujian
Setelah selesai dalam pembangunan dan pembuatan program maka selanjutnya adalah melakukan pengujian program aplikasi tersebut menggunakan macromedia flash player yang di presentasikan dalam penyampaian mata kuliah

H.    Jadwal Pelaksanaan

Jadwal yang di gunakan dalam perancangan aplikasi tersebut adalah:


No.

Kegiatan
Bulan / tahun


Sep2011
Okt2011
Nov2011
Des2011
Jan2012
1
Pencarian Bahan Referensi





2
Analisa Kebutuhan





3
Desain Algoritma





4
Desain Software Macromedia Dream Weaver MX





5
Melakukan Implementasi





6
Melakukan Testing





7
Membuat Laporan






I.       Daftar Pustaka

Kadir & Heriyanto. (2005). Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta : ANDI.
Weiss, Mark Allen. (1999). Data Structures & Algorithm Analysis in Java. Addison Wesley, Inc.
Wikipedia, the free encyclopedia. (2006).Sorting algorithmic.
http://en.wikipedia.org/wiki/Sorting_algorithm
Tanggal akses : 1 November 2011 pukul 22.00.

Munir, Rinaldi. (2008). Diktat Kuliah IF2093.Struktur Diskrit Edisi Keempat. Departemen .Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar